Bata Roster atau Beton untuk Dinding Rumahmu? Temukan yang Sesuai

Roster memang bukan merupakan elemen desain baru, tapi jangan salah, roster rupanya kini sedang menjadi tren, lho! Selain roster dari material GRC, beberapa roster yang saat ini sedang populer adalah penggunaan material bata roster dan beton. Biasanya kedua bahan ini digunakan untuk dinding hunian yang bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih indah dan menarik.

Bata roster atau pun roster beton merupakan partisi atau penyekat antar ruang yang memiliki fungsi utama sebagai lubang sirkulasi udara dan pencahayaan di siang hari pada sebuah ruangan. Dalam perkembangannya, penggunaan roster kini tak hanya untuk luar ruangan, tapi juga sudah merambah ke desain interior ruangan.

Meskipun roster beton memilki banyak manfaat, tapi saat ini bata roster lebih banyak digunakan pada dinding rumah daripada roster beton. Hal ini dikarenakan bata roster memiliki variasi motif yang lebih banyak dan dari segi harga cenderung lebih murah. Selain itu, bata roster juga dikenal memiliki kualitas bagus dan tak kalah kuat dengan roster beton. Nah, daripada kamu bingung, kali ini Kania akan membahas mengenai penggunaan bata roster sebagai dinding rumah. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Bata roster sebagai saluran sirkulasi yang membuat ruangan lebih sejuk

Pada zaman dahulu, bata roster akan sangat mudah kamu dapatkan di perumahan yang beriklim tropis. Hal ini dikarenakan fungsi utama dari bata roster adalah sebagai lubang dinding untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang lebih maksimal di dalam ruangan. Dengan demikian, udara dalam ruangan menjadi lebih sejuk karena udara dapat tersirkulasi dengan baik.

2. Motif bata roster yang unik menjadi pilihan desain dekorasi

Selain sebagai lubang angin, bata roster juga bisa digunakan untuk mempercantik hunianmu dengan motif-motifnya yang unik. Memasang bata roster dengan motif tertentu pada hunian, sudah pasti akan membuat tampilan rumahmu lebih menarik. Tak hanya itu, dengan sifatnya yang kuat, kamu juga bisa menggunakan bata roster sebagai dinding pagar, lho!

Kamu bisa memilih sendiri motif bata roster yang kini semakin bervariasi, seperti motif kotak, motif bulat, dan motif bunga. Motif yang menarik membuat bata roster sering dijadikan sebagai ornamen artistik pada rumah. Oleh karena itu, biasanya beragam dinding roster dibuat dengan desain secantik mungkin.

3. Cahaya matahari dari luar dapat masuk ke dalam ruangan dengan maksimal

Kamu pasti tahu kan betapa pentingnya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan? Selain untuk menyinari ruangan secara alami, sinar matahari dalam jumlah yang cukup bisa mengurangi risiko tubuh terkenan serangan penyakit kanker. Selain itu, rumahmu juga bisa terhindar dari pertumbuhan bakteri parasit atau jamur.

Nah, penggunaan bata roster pada hunian bisa sangat membantumu untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup melalui lubang-lubangnya. Dengan demikian, kesehatanmu dan anggota keluarga akan jadi lebih baik dan rumahmu pun bisa terhindar dari sarang penyakit.

4. Bata roster dapat diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan

Penggunaan bahan bata roster ini juga bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis bangunan, lho! Mulai dari hunian atau bangunan residensial, perkantoran, hingga rumah ibadah. Namun, pastikan kamu memilih tema yang sesuai, ya karena beda jenis bangunan, maka akan berbeda pula desain dan cara pemasangannya. Hal ini tentu akan mempengaruhi keindahan rumahmu.

5. Ketika memasang bata roster, pastikan tiga hal ini sudah terpenuhi

Ada tiga hal yang harus terpenuhi saat memasang bata roster. Hal pertama adalah pastikan dinding yang akan dipasang bata roster sudah mendukung keindahan rumahmu. Hal kedua, perhatikan ukuran besar kecilnya bata roster. Sesuaikanlah dengan kebutuhan ruangan atau bangunanmu.